Salah satu variasi kegiatan pembelajaran di SMA Dr. Soetomo Surabaya dengan melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kali ini SMA Dr. Soetomo Surabaya berkesempatan melakukan kegiatan pada senin, 31 Oktober 2022 di Grand City Hall dalam acara puncak Kegiatan Hybrid Literasi Digital. Acara oleh Achmad Irfani selaku direksi PT. Permata Berlian yang membuat program literasi digital Indonesia makin cakap digital kominfo segmen pendidikan wilayah jawa timur dengan target peserta 150 ribu peserta.

Pelaksanaan seminar dengan pembicara terdiri dari Ibu Dr. Meitiana Indrasari, ST, MM  sebagai ketua Stikosa AWS, Bpk. Muhajir Sultono Aziz, S. Kom, M.Ilkom menjabat CEO Mahakarya Berkah Sejahtera, Bpk. Ir. M. Adi Prasnowo, ST  sebagai pengajar Ilmu Komunikasi di Stikosa AWS dan instruktur digital talent scholarship kominfo, Ibu E. Rizky Wulandari, S.Sos, M. Ilkom Dosen Stikosa AWS. secara garis besar materi ini membahas bagaimana bersosmed dengan cerdas, beretika.

Acara yang berlangsung gayeng di sesi 1 ditutup dengan tanya jawab yang disambut sangat antusias oleh siswa-siswi SMA Dr. Soetomo Surabaya dengan berbagai permasalahan seputar media sosial, diantara adalah pertanyaan dari Salsabila yang menanyakan bagaimana kiat membuat konten yang viral. 

kegiatan hybrid literasi digital diadakan pukul 08.00 s/d 14.35 WIB dengan rundown acara sesi 1 yang dimulai pukul 08.00 - 12.30 WIB dengan pemberian materi, hiburan dan ishoma. Sesi 2 dilaksanakan mulai pukul 12.45 - 14.35 WIB.