Kegiatan Penilaian Sumatif Tengah Semester atau STS Semester Gasal dilaksanakan tanggal 2 s.d 11 Oktober 2024 yang terbagi dalam beberapa sesi, yaitu :

  1. Sesi 1 : 06.30-08.30
  2. Sesi 2 : 09.00-11.00
  3. Sesi 3 : 12.00-14.00 ( Senin s.d Kamis)
  4. Hari Jum’at, Sesi 1: 06.30-08.30, sesi 2 : 08.45-09.45, sesi 3 : 10.00-11.00.

Selain mempersiapkan diri, siswa-siswi perlu tahu apa itu Sumatif Tengah Semester (STS). Secara singkat STS adalah penilaian yang dilakukan sekolah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi. Siswa bisa membuat rangkuman, membaca kembali materi, dan mengerjakan soal yang telah disampaikan oleh bapak/ibu mata pelajaran agar mendapat nilai yang optimal.

Sumatif Tengah Semester diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X, XI, dan XII. Soal STS disusun oleh guru mata pelajaran terkait untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah diberikan.

Penilaian Sumatif Tengah Semester dilaksanakan di ruang 1 s.d 12 untuk kelas X  & XI sedangkan kelas XII Ruang 1 s.d 14, Siswa-siswi juga harus menyiapkan smartphone/gadget/laptop nya masing-masing karena semua soal hanya bisa diakses melalui jaringan lokal yang terhubung dengan Server Sekolah. selain itu, siswa-siswi juga harus menyiapkan kertas Jawaban/LJK untuk menulis jawaban soal uraian yang nantinya akan dikoreksi oleh guru mapel masing-masing, Siswa-siswi juga wajib datang tepat waktu dan membawa perlengkapan alat tulis yang dibutuhkan. Selama STS berlangsung, siswa harus mengerjakan Soal-soal  dengan tertib dan tidak diizinkan untuk menyontek.

Jika sudah selesai mengerjakan soal namun waktu ujian masih berlangsung, siswa bisa memeriksa kembali jawaban barangkali ada yang salah. Setelah waktu ujian selesai, siswa diharuskan mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas.

Tips Menghadapi Sumatif Tengah Semester yang Bisa Diterapkan Siswa-siswi SMA Dr.Soetomo Surabaya

Bagi siswa yang akan menghadapi Sumatif Tengah Semester bisa menerapkan cara di bawah ini agar dapat menghadapi ujian dengan maksimal.

1. Menjaga Kondisi Fisik

Kesehatan tubuh harus dijaga agar tetap prima saat ujian berlangsung. Jika sakit, siswa tidak akan bisa mengerjakan ujian karena sulit berkonsentrasi.

Sebelum menghadapi STS, istirahat dengan cukup, makan dan minum dengan teratur, serta lakukan olahraga ringan.

2. Menyiapkan Perlengkapan HP untuk mengakses soal-soal STS   ,Kertas Lembar Jawaban dan  Alat Tulis Sebelum Ujian

Sehari sebelum ujian sebaiknya siswa menyiapkan perlengkapan tulis agar tidak ada yang tertinggal. Siapkan semua alat tulis yang dibutuhkan seperti papan kertas, kartu peserta ujian, pulpen, pensil, penghapus, dan sebagainya.

 3. Hadir Tepat Waktu

Tips terakhir adalah datang ke sekolah tepat waktu agar bisa mengikuti ujian dengan tenang. Siswa bisa memasang alarm atau meminta bantuan orang tua untuk membangunkan lebih pagi.