SMA Dr. Soetomo Surabaya yang merupakan sekolah Umum yang memiliki berbagai prestasi di bidang akademik dan non akademik. Berdasarkan fakta integritas yang telah disepakati bersama, SMA Dr. Soetomo Surabaya sepakat untuk melaksanakan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Kegiatan ini  dilaksanakan setelah bel masuk sekolah pukul 06.30 WIB. Diawali dengan Do’a bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan membaca Kitab-kitab Suci sesuai dengan Agama dan kepercayaannya masing-masing. Untuk yang beragama Islam dipimpin secara langsung melalui pengeras suara diruang kelas masing-masing, dengan membaca Juz ’amma secara berurutan. Sedangkan untuk agama Non Muslim dilakukan diruang khusus untuk membaca kitab suci masing-masing.

Kegiatan ini dilakasanakan sekitar 15 – 20 menit sebelum jam pertama dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan disekolah dalam rangka mendukung dan memperkuat pelaksanaan Visi SMA Dr. Soetomo Surabaya, yaitu : “MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG BERNUANSA RELIGIUS, NASIONALIS, MANDIRI, BERPRESTASI dan BERWAWASAN GLOBAL“, Pendidikan Karakter baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler diantaranya:

  1. Religius
  2. Nasionalis
  3. Mandiri
  4. Berprestasi
  5. Berwawasan global.

Kegiatan PPK itu antara lain :

  1. Membaca Al-qur’an ( Juz 30 ) Juz ’amma, Berdo'a sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuhur berjamaah, yasinan, ceramah agama, kultum, dan peringatan hari besar Agama, kegiatan keagamaan lainnya)
  2. Upacara Bendera, peringatan hari-hari Besar Nasional, menyanyikan lagu wajib nasional, dan lain sebagainya
  3. Bekerjasama dalam pembelajaran seperti bekerja Kelompok, musyawarah untuk mencapai mufakat dalam organisasi sekolah, gotong royong, dan lomba kebersihan
  4. Literasi diperpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya
  5. Setiap pagi guru piket menyambut kedatangan peserta didik di depan gerbang sekolah dengan membudayakan senyum sapa salam
  6. Jum'at Beriman/ Jum’at Berkah.
  7. Melaksanakan Program Adiwiyata dan Sekolah Sehat.
  8. Lomba Kelas Sehat
  9. Budaya “Ada Sampah Langsung Ambil”
  10. Kearifan Lokal

Lima Nilai Karakter Utama

Terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotong royongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi.

Nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain. Implementasi nilai karakter religius ini ditunjukkan dalam sikap cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, anti perundungan dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih.

Nilai karakter nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Sikap nasionalis ditunjukkan melalui sikap apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama.

Nilai karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. Siswa yang mandiri memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Adapun nilai karakter Berprestasi merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu berkepribadian ,cerdas,berkualitas, perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen serta berprestasi dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral serta berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Karakter berprestasi  meliputi sikap mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu dibutuhkan kerja keras.

Nilai karakter berwawasan global merupakan sikap dan perilaku serta  tindakan untuk membekali peserta didik agar memiliki keterampilan  teknologi dan informasi serta  menjalin komunikasi,serta mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi . Diharapkan siswa dapat menunjukkan sikap mandiri,ulet, dan gigih  dalam berkompetensi secara nasional dan Internasional.