Pada kegiatan outing class kegiatan  P5 yang berlangsung selama 1 hari penuh , siswa siswi kelas X SMA Dr.Soetomo Surabaya  melaksanakan kegiatan Outing Class pada tanggal 16 Otober  2024.diecoogreen park kota batu.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mendapat kesempatan melihat seluruh wahana dan obyek yang ada di ecogreen park  dikota batu.

Sebelum berangkat , para siswa diberi motivasi dan pembekalan untuk melaksanakan kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi ecogreen park kota batu.

Outing Class merupakan Kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas yang tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, Outing Class ini merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

SMA Dr.Soetomo Surabaya menyelenggarakan kegiatan outing class kelas X sebagai implementasi kurikulum merdeka projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan mengambil tema “Ramah Lingkungan” Kegiatan outing class ini dikhususkan untuk seluruh kelas X yang diikuti sekitar 196 siswa dengan didampingi oleh fasilitator dan pendamping yang siap memantau siswa untuk dapat merasakan pembelajaran di luar sekolah dengan nyaman dan kondusif.

 Kegiatan P5 ini “bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar kelas dengan melihat wahana-wahana yang bisa mereka amati, jadi peserta didik belajar sekaligus mengalami secara langsung yang outputnya peserta didik harus mengisi lembar kerja peserta didik yang telah dibagikan sebelumnya untuk kemudian diberikan penilaian oleh fasilitator sebagai nilai projek dari siswa yang telah mengikuti outing class ini.”

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para siswa yang mengikuti outing class. Para siswa mengaku bahwa kegiatan ini cukup seru dan memberikan pengalaman baru.  “Kegiatan ini sangat bagus karena siswa mendapatkan pembelajaran di luar kelas dan melatih kekompakan siswa/i untuk bekerja sama dalam menyusun laporan yang telah diberikan sebagai penilaian mereka, pengalaman ini diharapkan menjadi angin segar bagi siswa/I SMA Dr.Soetomo Surabaya untuk meningkatkan minat belajar mereka.”

Hari yang ditunggu dan penantian panjang setelah mereka melaksanakan serangkaian kegiatan Sumatif Tengah Semester Gasal tahun Ajaran 2024/2025 sebagian besar siswa siswi kelas X  outing class, yaa begitulah mungkin ungkapan yang menggambarkan keceriaan siswa kelas X,  Pukul 06.00 pagi, para siswa berseragam biru telur asin yang merupakan seragam ciri khas SMA Dr.Soetomo Surabaya mulai memasuki  lokasi area parkir halaman UNITOMO yang merupakan titik kumpul area parkir Bus , Sekitar pukul 06.30 persiapan pemberangkatan menuju Eco Green Park Batu lokasi outing class.Empat  bus meluncur membawa rombongan sebanyak sekitar 196 siswa kelas X, keceriaan dan rasa senang yang tak terbendung para siswa asyik mengobrol dan bercengkrama di dalam bus. Perjalanan menuju Ecoo Green Park Batu membutuhkan kurang lebih 2 jam 30 menit. Sekitar pukul 09.30 rombongan kelas X sampai di tujuan. Para wali kelas dan guru pendamping memberi aba-aba untuk berbaris mengantri tiket masuk. Di pintu masuk sudah menunggu tim guide yang siap mengajak siswa kelas X berkeliling Eco Green Park belajar sambil  berwisata.

Menyusuri jalan yang sudah di design menurut rute perjalanan dimulai dengan mengenal berbagai jenis burung paruh bengkok yang mayoritas berasal dari Amerika Latin, burung tersebut konon di Indonesia hampir punah karena banyak diburu. Siswa-siswi  sangat antusias mengikuti dan memperhatikan setiap penjelasan tim guide dari Eco Green Park. Setelah melewati deretan burung paruh bengkok, angsa dan beberapa hewan mamalia. Mulai siswa-siswi  di kenalkan pada area musik tradisional yang berbunyi secara otomatis karena di design menggunakan bantuan air yang mengalir sehingga alunan musik tersebut berdenting secara bergantian. Lanjut pembelajaran pengolahan biogas dan Kincir air mini. Para siswa menyimak dengan seksama setiap penjelasan pengetahaun. Hari semakin terik tidak menyurutkan semangat para siswa. Sesi pembelajaran berlanjut ke gedung yang didesign mirip gua,di dalamnya menyimpan pengetahuan kejadian alam buatan seperti proses terjadinya angin dan proses terjadinya sunami. Setelah belajar siswa-siswi dimanjakan dengan naik kereta kelinci memutari hutan mini, dilanjutkan, mengunjungi beberapa wahana yaitu rumah terbalik dan menyaksikan pertunjukan atraksi burung kakak tua dan burung pemangsa. Menambah keseruan outing class karena beberapa siswa diberi kesempatan bersua foto dengan beberapa burung paruh bengkok dan burung pemangsa. Diakhir kegiatan siswa siswi  ditantang adrenalinnya dengan flying fox dan wahana water outbound. Waktu menunjukkan pukul 15.00 seluruh siswa mengakhiri kegiatan dan persiapkan menuju ke Surabaya.