Guru atau bisa dikatakan pendidik adalah orang dewasa yang membimbing juga mengarahkan anak didik atau peserta didik untuk mengembangkan jasmani dan rohaninya agar peserta didik mampu mencapai perkembangannya sesuai dengan usia nya, dan mampu mandiri dalam menyelesaikan tugasnya sebagai makhluk ciptaan Allah swt, dan mampu bersosial bersama masyarakat sebagaimana bentuk dari makhluk sosial. Menurut katifah husein, guru ialah tenaga kependidikan yang berasal dari masyarakat yang bersedia dan ditunjuk menjadi penunjang pendidikan. Beberapa pengertian guru menurut para ahli. Menurut Ngalim Purwanto, Guru adalah orang yang memberikan ilmu kepada seorang individu maupun sekelompok orang, sedangkan guru sebagai pendidik yaitu yang mempunyai jasa kepada masyarakat maupun negara. Menurut Zakiyah Serajad guru ialah pendidik profesional, kenapa dikatakan demikian karena guru adalah orang yang rela memikul tanggungjawab pendidikan yang terpikul dipundak orang tua.

SMA Dr.SOETOMO Surabaya telah melaksanakan serangkaian kegiatan BIMTEK Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Game yang diikuti seluruh bapak ibu guru.Kegiatan di ini bertempat dilab computer UNIVERSITAS DINAMIKA pada hari Jum’at 18 Oktober 2024 mulai pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Proses pembelajaran siswa akan berhasil jika siswa tersebut mempunyai motivasi didalam dirinya, guru diminta untuk kreatif dalam menumbuhkan motivasi pada siswa tersebut, minat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tersebut, salah satunya yaitu meningkatkan minat belajar siswa tersebut, minat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa juga bersangkutan kepada motivasi , jika seseorang tidak mempunyai minat dalam mempelajari sesuatu maka hasil yang didapatkan tidaklah maksimal, minat seseorang dapat dilihat dari seberapa jauh ia mempelajari sesuatu atau memahami sesuatu. Menumbuhkan minat belajar siswa merupakan bentuk dalam mengembangkan motivasi siswa tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu : 

1. menghubungkan bahan ajar dengan kebutuhan siswa tersebut, jika suatu pelajaran berguna dalam hidupnya siswa akan mudah menerapkan materi yang diajarkan dengan kehidupannya.

 2. Menyesuaikan materi ajar dengan pengalaman siswa, materi yang sulit untuk dipelajari atau jauh dari pengalaman belajar siswa sebelumnya biasanya siswa enggan untuk mempelajarinya , minat belajar siswa menajdi berkurang jika pembelajaran tersebut sulit untuk diterima olehnya, minat belajar siswa tumbuh jika materi yang diberikan oleh pendidik bersangkutan dengan pengalaman belajar sebelumnya.

3. Gunakan berbagai macam model atau startegi yang menarik minat belajar siswa , misalnya dengan metode diskusi atau kelompok yang memancing siswa bertukar pikiran dengan teman sekitarnya hingga tercapainya tujuan pembelajaran. Secara sederhana minat berarti kecenderungan yang tinggi atau keinginan yang tinggi pada suatu hal. Minat dapat berpengaruh terhadap kualitas hasil belajar siswa dalam bidangbidang tetrtentu, dalam hal ini guru harus menumbuhkan minat belajar pada siswa tersebut.